perbedan mesin DOHC dan SOHC mana yang lebih unggul dan lebih menguntungkan
pada motor tentu kita pernah melihat label DOHC 4 valve. dimotor lain kita juga pernah label SOHC. apa artinya? dan apa bedanya? untuk menjawab dua pertanyan tersebut.. kali ini saya akan membahasnya secara rinci/ dan detail pada artikel kali ini.
label SOHC dan
DOHC merupakan sebuah tanda yang menunjukan kompresi katup yang digunakan pada sebuah mesin. katup atau klep merupakan komponen yang membuka dan menutup saluran intek dan xhause dari ruang bakar. dengan kata lain klep ini menjadi pintu tempat keluar masuknya materi pembakaran dari dan ke dalam ruang bakar.
secara umum. katup ada dua jenis. yakni
OHVdan
OHC. katup
OHCV yang saat ini tidak dipakai untuk kendaran. memiliki ciri proses nok yang terletak di dalam blok silinder. sementara untuk menekan rocker arem. diperlukan komponen tambahan yang dinamakn batang penghubung.
sementara
OHC merupakan mekanisme katup yang memiliki proses nok diatas mesin atau didalam kepala silinder. mekanisme ini. tidak memiliki komponen batang penghubung karena nok akan langsung menekan rockerarm tapi perlu rantai untuk menghubungkan putaran engkol dan proses nok. rantai ini kita kenal dengan nama timing chain atau rantai keteng.
katup
OHC mengambil alih sistem katup yang dipakai pada mesin. alasan penggunan katup
OHC ini lebih efision. memang jika dibandingkan dengan
OHV yang menggunakan batang penghubung tentu
OHC lebih efektif dalam menekan katup karena tonjolan pada proses nok akan langsung menekan rocker arem. sehingga tidak ada kerugian tenaga.
mekanisme
OHC ternyata dikembangkan lagi. kali ini sama-sama menggunakan proses nok yang terletak di dalam kepala silinder. tapi memiliki kuantitas katup yang berbeda. dari sinilah muncul nama
SOHC dan
DOHC.
lantas apa arti dari SOHC dan DOHC ???
SOHC merupakan singkatan dari
single overheead chamsaft sesuai namanya pada konfigurasi.
SOHC akan ada satu proses yang menggerakan seluruh katup. sementara
DOHC merupakan singkatan dari
dauble overheaad chamsaft. tang artinya ada dua buah proses nok dalam satu mesin. untuk menggerakan 4 buah katup.
mengapa jumlah katup ditambah? penggunan konfigurasi
DOHC sebenarnya dipakai pada high performa engine. kita tahu semakin banyak pintu maka semakin cepat pula materi perpindahan. prinsip penggunan 4 katup di tunjukan agar proses penyaluran materi pembakaran udara dan bensin bisa lebih cepat dan ringan. dan juga proses pengeluaran gas sisa pembakaran bisa lebih lancar serta cepat.
dengan menggunakan dua buah katup. dalam proses hisap maka materi pembakaran di dalam intek akan lebih cepat mengisi ruang silinder. sehingga meningkatkan perbandingan konpresi yang berpengaruh pada daya mesin yang semakin besar..
selain performa apah lagi bedanya SOHC dan
DOHC ?
??
kontruksi. dengan jumlah katup yang berbeda otomatis kontruksi juga berbeda. konfigurasi
SOHC bisa memiliki dua katup per silinder. atau juga empat katup per silinder. ini karena setiap nok pada chamsaft
SOHC menekan dua buah katup sekaligus. tapi kelemahan dari sistem empat katup ini adalah cepatnya laju keausan nok. karena menekan dua buah katup sekaligus sehingga melawan dua buah pegas katup.
selain itu, pada sistem dua katup maka penekanan akan lebih ringan tapi hanya karena menggandalkan satu buah katup saat hisap dan buang maka perpindahan udara dari keluar mesin tidak bisa selancar empat katup. ini membuat lebih terbatasnya autput dari mesin dua katup.
sementara pada konfigurasi
DOHC sudah dipastikan memiliki empat buah katup. dengan masing-masing nok terletak pada dua buah proses. ciri khasnya. pada
DOHC anda akan melihat dua buah chamsaft. sehingga nantinya timing chain akan lebih panjang. kelebihan sistem ini jelas perpindahan udara akan lebih lancar, tapi menggunakan empat katup yang jelas akan menambah beban mekanisme katup. sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga sedikit terserap oleh mekanisme katup.
demikian artikel singkat mengenai perbedan katup
SOHC dan
DOHC smoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.
HORMAT KAMI
S P
Komentar
Posting Komentar
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai topik yang dibahas