mari kta cari persaman kampas kupling new megapro ke vixion new

Daftar ukuran panjang Rantai Kamprat / keteng / Honda / Yamaha / Suzuki / kawasaki

Daftar Panjang Rantai Kamprat/Keteng Daftar Panjang Rantai Kamprat/Keteng - Untuk rantai timing yang memiliki model mirip rantai final gear memiliki kode seperti berikut (25H - 84L). Angka pertama (2) merupakan jarak antar pin = 6.35 mm dan H merupakan singkatan dari hard yang berarti rantai memiliki desain yang lebih kuat. Angka kedua (5) menyatakan jarak antar plat = 3.18 mm, sedangkan angka terakhir (84L) merupakan jumlah mata rantai. Berikut daftar mata rantai kamprat tipe biasa. 25H - 82L = C50, C70 25 - 84L = Jupiter, Vega, Crypton 25H - 84L = Grand, Supra, Win, C800 25H - 86L = C90 25H - 88L = Legenda, Supra Fit, Kaze, Blitz 25H - 90L = Blade 25H - 98L = CB100, CB125, GL100, GL Pro, GL Max Untuk rantai timing yang memiliki model kupu-kupu memiliki kode seperti berikut (2x3 - 84L). Berikut daftar mata rantai kamprat tipe kupu-kupu. 2x3 - 86L = Jupiter Z 2x3 - 88L = Smash, Supra X 125 Helm IN, Supra X 125 FI, Blade 125 FI 2x3 - 90L = Vario, Beat, Mio, Nouvo,

perbedan mesin DOHC dan SOHC mana yang lebih unggul dan lebih menguntungkan

perbedan mesin DOHC dan SOHC mana yang lebih unggul dan lebih menguntungkan


pada motor tentu kita pernah melihat label DOHC 4 valve. dimotor lain kita juga pernah label SOHC. apa artinya? dan apa bedanya? untuk menjawab dua pertanyan tersebut.. kali ini saya akan membahasnya secara rinci/ dan detail pada artikel kali ini.

label SOHC dan DOHC merupakan sebuah tanda yang menunjukan kompresi katup yang digunakan pada sebuah mesin. katup atau klep merupakan komponen yang membuka dan menutup saluran intek dan xhause dari ruang bakar. dengan kata lain klep ini menjadi pintu tempat keluar masuknya materi pembakaran dari dan ke dalam ruang bakar.

secara umum. katup ada dua jenis. yakni OHVdan OHC. katup OHCV yang saat ini tidak dipakai untuk kendaran. memiliki ciri proses nok yang terletak di dalam blok silinder. sementara untuk menekan rocker arem. diperlukan komponen tambahan yang dinamakn batang penghubung.

sementara OHC merupakan mekanisme katup yang memiliki proses nok diatas mesin atau didalam kepala silinder. mekanisme ini. tidak memiliki komponen batang penghubung karena nok akan langsung menekan rockerarm tapi perlu rantai untuk menghubungkan putaran engkol dan proses nok. rantai ini kita kenal dengan nama timing chain atau rantai keteng.

katup OHC mengambil alih sistem katup yang dipakai pada mesin. alasan penggunan katup OHC ini lebih efision. memang jika dibandingkan dengan OHV yang menggunakan batang penghubung tentu OHC lebih efektif dalam menekan katup karena tonjolan pada proses nok akan langsung menekan rocker arem. sehingga tidak ada kerugian tenaga.

mekanisme OHC ternyata dikembangkan lagi. kali ini sama-sama menggunakan proses nok yang terletak di dalam kepala silinder. tapi memiliki kuantitas katup yang berbeda. dari sinilah muncul nama SOHC dan DOHC.

lantas apa arti dari SOHC dan DOHC ???




SOHC merupakan singkatan dari single overheead chamsaft sesuai namanya pada konfigurasi. SOHC akan ada satu proses yang menggerakan seluruh katup. sementara DOHC merupakan singkatan dari dauble overheaad chamsaft. tang artinya ada dua buah proses nok dalam satu mesin. untuk menggerakan 4 buah katup.

mengapa jumlah katup ditambah? penggunan konfigurasi DOHC sebenarnya dipakai pada high performa  engine. kita tahu semakin banyak pintu maka semakin cepat pula materi perpindahan. prinsip penggunan 4 katup di tunjukan agar proses penyaluran materi pembakaran udara dan bensin bisa lebih cepat dan ringan. dan juga proses pengeluaran gas sisa pembakaran bisa lebih lancar serta cepat.

dengan menggunakan dua buah katup. dalam proses hisap maka materi pembakaran di dalam intek akan lebih cepat mengisi ruang silinder. sehingga meningkatkan perbandingan konpresi yang berpengaruh pada daya mesin yang semakin besar..

selain performa apah lagi bedanya SOHC dan DOHC ???


kontruksi. dengan jumlah katup yang berbeda otomatis kontruksi juga berbeda. konfigurasi SOHC bisa memiliki dua katup per silinder. atau juga empat katup per silinder. ini karena setiap nok pada chamsaft SOHC menekan dua buah katup sekaligus. tapi kelemahan dari sistem empat katup ini adalah cepatnya laju keausan nok. karena menekan dua buah katup sekaligus sehingga melawan dua buah pegas katup.

selain itu, pada sistem dua katup maka penekanan akan lebih ringan tapi hanya karena menggandalkan satu buah katup saat hisap dan buang maka perpindahan udara dari keluar mesin tidak bisa selancar empat katup. ini membuat lebih terbatasnya autput dari mesin dua katup.

sementara pada konfigurasi DOHC sudah dipastikan memiliki empat buah katup. dengan masing-masing nok terletak pada dua buah proses. ciri khasnya. pada DOHC anda akan melihat dua buah chamsaft. sehingga nantinya timing chain akan lebih panjang. kelebihan sistem ini jelas perpindahan udara akan lebih lancar, tapi menggunakan empat katup yang jelas akan menambah beban mekanisme katup. sehingga tenaga mesin yang dihasilkan juga sedikit terserap oleh mekanisme katup.

demikian artikel singkat mengenai perbedan katup SOHC dan DOHC  smoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.




HORMAT KAMI

S P

Komentar

Postingan populer dari blog ini

daftar panjang tonjolan pick up pulser magnet motor honda yamaha suzuki kawasaki bajaj minerva terlengkap

daftar ukuran laher/bering noken as all motor honda yamaha suzuki kawasaki viar ktm beneli

daftar ukuran jari-jari tdr std speda motor honda yamaha suzuki kawasaki